Mei 18, 2021

RUTAN MAKALE

BERSEHATI

Jaga Kondisi Tetap Kondusif, Kepala Rutan Makale Rutin Laksanakan Kontrol Blok Hunian

Keamanan dan ketertiban menjadi kunci penting dalam pelaksanaan setiap kegiatan yang ada di dalam Rutan. Untuk memastikan hal tersebut berjalan dengan baik, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Makale Luther Toding Patandung rutin melakukan kontrol ke dalam Blok Hunian Warga Binaan, Selasa (23/02/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Karutan menyempatkan waktu untuk berbincang dengan para Warga Binaan. Dalam perbincangannya, Karutan Makale menanyakan banyak hal mulai dari bagaimana keseharian mereka (WBP) saat menjalani kehidupan sementara waktu dengan berada di dalam Rutan sampai kepada keluh kesah yang mereka rasakan.

Luther juga menambahkan dalam melaksanakan tugas Pemasyarakatan khususnya dalam memberikan Pembinaan kepada Warga Binaan perlu yang namanya pendekatan. “Kita perlu untuk melakukan pendekatan kepada Warga Binaan, caranya ada banyak, dengan begitu mereka akan merasa diperhatikan, sehingga dapat jauh dari pikiran untuk melakukan perbuatan yang melanggar aturan. Kita juga selalu berpesan kepada mereka untuk menjaga keadaan di dalam tetap kondusif dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban,” Tambahnya.

Lebih lanjut Luther selalu mengingatkan seluruh jajarannya untuk berperan aktif dalam peningkatan pelayanan publik secara prima dan saling berintegrasi.

Salah satu Integrasi Pelayanan Publik di Rutan Makale adalah melalui kegiatan Kontrol Blok Hunian yang dilakukan rutin setiap harinya. Mekanisme pelaksanaan kontrol blok hunian ini terbagi dalam lima kelompok pelaksana kontrol. Masing-masing kelompok yang terdiri dari pejabat strukturan, staf pelaksana dan tim medis Rutan melaksanakan tugas kontrol blok dan pemeriksaan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Dalam pelaksanaannya, setiap kelompok melakukan tugas monitoring terhadap kondisi warga binaan utamanya kondisi kesehatan secara umum dan kondisi fisik blok hunian yang meliputi kondisi bangunan, sanitasi dan kebersihan lingkungan. Tujuan dari pelaksanaan Kontrol Blok Hunian ini adalah memantau Kondisi Blok Hunian dan mendekatkan hubungan psikologis yang baik antara warga binaan dengan petugas sehingga mereka selalu merasa diayomi dan diperhatikan.