Hari Kedua dan Ketiga Orientasi, CPNS Rutan Makale dibekali latihan kesamaptaan.

Makale – Sebanyak 9 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Rutan Kelas IIB Makale dibekali pelatihan kesamaptaan, Senin (12/4).

Kepala Rutan Makale mengungkapkan hingga empat hari kedepan, ke-9 CPNS tersebut akan mengikuti pelatihan dengan didampingi 11 orang Instruktur dari Regu Pengamanan dan Staf Rutan Makale yang dianggap menguasai segala aspek kesamaptaan.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk membentuk jiwa samapta dan disiplin sebagai petugas Pemasyarakatan serta sebagai bekal mereka nantinya saat terjun langsung kelapangan,” sebut Karutan

Selama pelatihan, para CPNS akan mengikuti lari pagi, push-up, sit-up agar fisik mereka terbentuk, ucap Luther Dia juga menyampaikan bahwa selain membentuk sikap kesamaptaan, para CPNS juga dibekali ilmu beladiri.

“Selain membentuk kedisiplinan dan jiwa samapta para CPNS dibekali ilmu beladiri yang dilatih langsung oleh Instruktur Sabuk Hitam bela diri karate dari salah satu Pegawai Rutan Makale, tujuannya untuk menunjang bidang kerja para penjaga tahanan sekaligus bisa menambah wibawa mereka ketika sedang bertugas” tutur Luther