Jamin Kualitas Pelayanan Kesehatan, Karutan Makale lakukan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Makale.

Makale – Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita hangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hak atas kesehatan tersebut adalah hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan darat fasilitas pelayanan kesehatan agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.
Mewujudkan derajat kesehatan demi peningkatan kualitas pemberian layanan kesehatan menjadi lebih baik dari sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM melalui Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Makale Luther Toding Patandung melakukan kunjungan/ koordinasi dengan Kepala Puskesmas Makale Drg. Irmansynda Topayung, Senin (14/02/2022)
Dalam pertemuan tersebut Karutan Luther didampingi Perawat Rutan Makale Meiske Lolon membahas terkait pelaksanaan penandatanganan nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Pemberian Layanan Kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan.
Dalam Mou dengan Puskesmas Makale, Karutan meminta agar Pihak dari Puskesmas Makale bersedia memberikan Pelayanan Kesehatan minimal satu kali dalam satu bulan disesuaikan dengan keadaan Pandemi Covid-19.
Lebih lanjut Karutan juga mengungkapkan bahwa “kesehatan para wbp adalah tanggung jawab Rutan Makale selama menjalani masa pidana, jadi dukungan dari pihak kesehatan sangatlah penting mengingat kondisi cuaca saat ini yang ekstrim sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit ditambah lagi dengan lonjakan covid-19 utamanya varian omicron”
Karutan Luther menambahkan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada WBP, baik itu pengecekan secara berkala kesehatan WBP Lansia, Penanggulangan Penyakit HIV ataupun TB sampai dengan pemberian Vaksinasi secara menyeluruh baik kepada Narapidana maupun kepada Tahanan yang baru masuk.
Sementara itu Kepala Puskesmas Makale Drg. Irmansynda Topayung menyambut hangat kedatangan Kepala Rutan, dia mengungkapkan pihaknya akan mengupayakan akan bantuan tenaga kesehatan
“Kami akan mengupayakan bantuan pelayanan kesehatan kepada warga binaan Rutan Makale seperti tahun tahun sebelum masa pandemi yang sudah berjalan dengan sangat baik” ujar Drg. Irmansynda.
Diharapkan dengan adanya kerjasama ini akan tercapai derajat kesehatan yang lebih optimal bagi warga binaan serta lebih meningkatkan program pelayanan kesehatan bagi WBP Rutan Makale.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.