Category: Uncategorized

Kepala Rutan Makale berikan Pembekalan Kuliah Kerja Lapangan di Institut Agama Kristen Negeri Tana Toraja

Makale – Kepala Rutan Makale Luther Toding Patandung memberikan pembekalan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di hadapan 37 orang Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Tana Toraja program studi Pastoral Konseling, Sabtu (27/11).

Kegiatan tersebut memenuhi undangan dari Kepala Prodi Pastoral Konseling Ibu Yelinda Sri Silvia, M.Th. untuk memberikan pembekalan kepada Mahasiswa IAKN sebelum melaksanakan KKL di bulan Desember nanti.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan oleh Kepala Rutan Makale dilanjutkan dengan perkenalan oleh 37 orang Mahasiswa. Dari perkenalan tersebut, diketahui bahwa ke-37 orang Mahasiswa tersebut akan ditempatkan di beberapa instansi untuk melaksanakan KKL seperti Rutan Makale, Rutan Makassar, BNNP Makassar, BNNK Tana Toraja, Rumah Sakit Elim Ranteapao, dll.

Dalam paparannya, Karutan Makale menyampaikan beberapa materi antara lain selayang pandang Rutan Makale, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Rutan Makale, Program Pembinaan Rutan Makale dan juga etika dan aturan peserta KKL.

Karutan Makale menjelaskan lebih mendetail tentang Program pembinaan yang ada pada Rutan Makale salah satunya yaitu pembinaan Rohani. “Bagi Mahasiswa yang nantinya melaksanakan KKL di Rutan Makale, terlebih karena jurusan kalian adalah Pastoral Konseling, jadi tugas utamanya yaitu melakukan konseling terhadap Tahanan atau Narapidana baik yang baru masuk maupun yang sudah lama. Bagaimana supaya Tahanan/Narapidana itu menyadari kesalahannya dan tidak akan mengulanginya kembali.” Ucap Karutan.

Pada kesempatan yang sama, Karutan Makale juga menyampaikan etika dan tata tertib peserta KKL selama melakukan KKL di Rutan Makale.
“Jangan sampai membawa barang-barang terlarang masuk ke dalam Rutan, jangan juga melakukan komunikasi secara berlebihan kepada Tahanan/Narapidana apabila di luar agenda konseling dan yang paling utama yaitu menjaga martabat dan kehormatan diri sendiri.” Tambah Karutan.

Di akhir pemaparannya, Karutan berharap semua peserta KKL dapat melaksanakan tugasnya dengan baik di tempat masing-masing dan tetap menjaga nama baik Almamater.

Makale – Kepala Rutan Makale Luther Toding Patandung memberikan pembekalan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di hadapan 37 orang Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Tana Toraja program studi Pastoral Konseling, Sabtu (27/11). Kegiatan tersebut memenuhi undangan dari Kepala Prodi Pastoral Konseling Ibu Yelinda Sri Silvia, M.Th. untuk memberikan pembekalan kepada Mahasiswa IAKN sebelum melaksanakan KKL di…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *